Admin Server (PTN & MITRA)

Admin Server adalah petugas Pusat UTBK di Lokasi Ujian yang bertanggung jawab menangani masalah teknis yang berhubungan dengan pelaksanaan ujian khususnya dalam kaitannya dengan Server dan workstation di setiap ruang ujian di sektor yang menjadi tugasnya.

Persyaratan untuk menjadi Admin Server Pusat UTBK adalah sebagai berikut.

  1. Memahami Teknis IT dan Jaringan.
  2. Berpengalaman dalam pengelolaan Server.
  3. Ditunjuk dan ditetapkan oleh Koordinator TIK Pusat UTBK PTN.

Admin Server Pusat UTBK memiliki tugas sebagai berikut.

  1. Menyiapkan Server ruang ujian yang menjadi tanggung jawabnya. Terutama terkait dengan teknis persiapan dan pelaksanaan ujian.
  2. Dalam melaksanakan tugasnya Admin Server berkoordinasi dengan Teknisi Ruang, Koordinator TIK dan Pengawas.

Dalam melaksanakan tugasnya, Admin Server Pusat UTBK berperan dalam berbagai tahapan kegiatan pelaksanaan UTBK. Adapun prosedur pelaksanaan tugas dalam tahapan kegiatan UTBK adalah sebagai berikut.

  1. Workshop Pelaksanaan UTBK
    1. Mengikuti Workshop UTBK 2024 yang diadakan oleh SNPMB (Perwakilan yang ditunjuk oleh Ketua Pusat UTBK melalui Koordinator TIK).
    2. Mengikuti pelatihan dengan materi sistem pelaksanaan UTBK 2024 yang diadakan oleh Koordinator TIK Pusat UTBK (bagi yang tidak mewakili PTN dalam Workshop SNPMB)
    3. Sharing Informasi Workshop kepada Admin Server yang lain (bagi perwakilan Pusat UTBK yang mengikuti Workshop SNPMB).
    4. Menguasai materi Workshop/Pelatihan.
  2. Ujicoba Nasional
    1. Registrasi akun Admin Server.
    2. Unduh ISO & Aplikasi Ujian (uji coba).
    3. Install Server (uji coba).
    4. Konfigurasi Server (uji coba).
    5. Pengemasan paket soal ujian (uji coba).
    6. Membantu mendampingi prosesi pelaksanaan verifikasi dan simulasi kesiapan client/workstation, network serta ujicoba aplikasi ujian pada saat pelaksanaan uji coba nasional.
      • Memastikan opsi jaringan lab komputer yang dipergunakan sesuai dengan isian pada dashboard
      • Memastikan jaringan lab komputer yang dipergunakan tidak terhubung ke internet
      • Memastikan pada komputer client/workstation tidak ada double connection (tidak diperbolehkan menggunakan/mengaktifkan koneksi nirkabel)
      • Memastikan pada komputer client/workstation tidak ada aplikasi remote, screen sharing, video conferrence, dan browser tertentu
    7. Unduh Paket Ujian (dummy).
    8. Unduh Segel Soal (dummy).
    9. Hapus Data Ujian Uji Coba Nasional.
  3. Persiapan Pelaksanaan UTBK
    Pada Saat H-7 :
    1. Install Server.
    2. Konfigurasi Server.
    3. Pengemasan paket soal ujian.
    4. Membantu mendampingi prosesi pelaksanaan verifikasi dan simulasi kesiapan client/workstation, network serta ujicoba aplikasi ujian pada saat pelaksanaan uji coba nasional.
      • Memastikan opsi jaringan lab komputer yang dipergunakan sesuai dengan isian pada dashboard
      • Memastikan jaringan lab komputer yang dipergunakan tidak terhubung ke internet
      • Memastikan pada komputer client/workstation tidak ada double connection (tidak diperbolehkan menggunakan/mengaktifkan koneksi nirkabel)
      • Memastikan pada komputer client/workstation tidak ada aplikasi remote, screen sharing, video conferrence, dan browser tertentu.
    Pada Saat H-1 :
    1. Unduh Paket Ujian.
  4. Sebelum Ujian Dilakukan
    1. Unduh Segel Soal (1 jam sebelum pelaksanaan ujian)
  5. Pada Saat Ujian Dilakukan
    1. Memonitoring performance server.
    2. Memonitoring performance jaringan.
    3. Menjaga dan memonitoring jalannya pelaksanaan ujian dan apabila terjadi troubleshoting harus segera berkoordinasi dengan Koordinator TIKK untuk dilaporkan kepada Ketua Pelaksana UTBK PTN.Memonitoring jalannya proses ujian dan berkoordinasi dengan Admin Server
  6. Selesai Ujian
    1. Unggah hasil ujian.
    2. Menghapus data ujian.