-
Petunjuk Teknis
- Pengarah/Penanggung Jawab
- Ketua
- Wakil Ketua
- Sekretaris
- Pengelola Keuangan
- Koordinator Pelaksana (Korpel)
- Koordinator TIK (Kortik)
- Admin Server (PTN & MITRA)
- Teknisi Ruang (PTN & MITRA)
- Penanggung Jawab Lokasi (PJL)
- Wakil Penanggung Jawab Lokasi (WPJL)
- Penanggung Jawab Ruang (PJR)
- Pengawas
- Tata Tertib Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2024
- Download Petunjuk Teknis Pelaksanaan Tugas UTBK 2024
- Download Form Pakta Integritas UTBK SNBT 2024
- Download Berita Acara Serah Terima (BAST) UTBK 2024
- Rencana Kontijensi UTBK 2024
- P.O.B
-
Prosedur Teknis
- Pengenalan Sistem
- Dashboard Koordinator TIK
- Dashboard Admin Server
- Asesmen Jaringan Lokal
- Instalasi Aplikasi Ujian & Pengawas
- Petunjuk Penggunaan Aplikasi Ujian UTBK
- Petunjuk Penggunaan Aplikasi Pengawas UTBK
- Aplikasi Difabel
-
Troubleshooting
- Eth0 pada server tidak menampilkan IP Address dan statusnya fail
- Status NTP fail pada Server
- IP Address VPN di Server Berbeda Dengan Di Dashboard
- Persiapan Komputer Sebelum Ujian
- Invalid Security Certificate Ketika Menjalankan Aplikasi Ujian/Pengawas Kasus 2
- Invalid Security Certificate Ketika Menjalankan Aplikasi Ujian/Pengawas Kasus 1
- Tampilan Aplikasi Ujian Error
- Invalid Browser Key Ketika Menjalankan Aplikasi Ujian/Pengawas
- Fitur Task Manager Hilang atau Tidak Bisa Dipilih
- Komputer Peserta Tidak Terhubung ke Server UTBK SNBT
- Tombol Power-Off/Menu Shutdown hilang atau tidak bisa dipilih
- Cek koneksi Server ke Dashboard
- Update VPNTOOL
- Fitur DHCP pada Server
- Penggantian IP Address DNS pada Server
- Penggantian IP Address pada interface eth0
- Status VPN Connected, tapi Dashboard Tidak Terkoneksi
- Persiapan Instalasi Server
- Aplikasi terlarang pada SEB
- Server ID Not Match
- UUID/Server ID pada Server berbeda
- Server Tidak Terkoneksi
- Tampilan error merah saat menjalankan seb
- Session Start Error SEB
- Invalid Class SEB
- Gagal Install SEB (Setup Failed SEB)
- Error SEB
- Aplikasi Helpdesk & Solusi
- Force Majeure
-
Video Panduan
- Video Petunjuk Registrasi Akun Koortik
- Video Pendaftaran Admin Server
- Video Penjadwalan / Penugasan Admin Server
- Video Verifikasi Server Ujian, Ruang Ujian dan Data Peserta
- Video Monitoring Server Dashboard
- Video Monitoring Ruangan dan Download BAPU
- Video Registrasi Akun Admin Server
- Video Login & Download Installer Aplikasi
- Video Instalasi Server
- Video Konfigurasi Server - Opsi 1
- Video Konfigurasi Server - Opsi 2
- Video Pengemasan Paket Ujian
- Video Download Paket Ujian
- Video Download Segel Ujian
- Video Monitoring Resource Server
- Video Upload Hasil Ujian
- Video Penghapusan Data Ujian
- Video Asesmen jaringan
- Video Petunjuk Instalasi Aplikasi Ujian & Pengawas
- Video Petunjuk penggunaan aplikasi ujian
- Video Petunjuk Penggunaan Aplikasi Ujian untuk Peserta Difabel
- Video Petunjuk penggunaan aplikasi pengawas
- Video Petunjuk Penggunaan Aplikasi Helpdesk dan Solusi
- FAQ
- Modul Pelatihan
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Pengawas UTBK
Dashboard dan Menu
- Pada tampilan Login terdapat Kode Ruang dan PIN Ruang. Masukkan Kode Ruang dan PIN Ruang sesuai dengan data yang telah diberikan kepada masing-masing pengawas oleh Koortik, kemudian pilih tombol Masuk.
- Setelah berhasil login, akan masuk ke tampilan Beranda yang berisi informasi tentang tanggal sesi ujian, nama sesi ujian, tempat ujian dan server.
- Terdapat 6 menu setelah login diantaranya Beranda, Kehadiran, Ujian, Peserta, Kirim BAPU dan Keluar.
- Menu Kehadiran digunakan untuk mengisi daftar kehadiran peserta ujian. Secara default semua peserta berstatus tidak hadir (tidak di ceklis). Jika status kehadiran peserta tidak di ceklis, maka peserta tidak bisa melakukan login untuk memulai ujian. Untuk mengubah status kehadiran peserta klik checkbox kehadiran disamping nama peserta, kemudian pilih tombol simpan pada bagian bawah halaman menu Kehadiran. Pastikan pengawas melakukan langkah ini sebelum peserta memulai ujian.
- Menu ujian digunakan untuk membuka sesi ujian, menghentikan ujian sementara dan menutup (akhiri ujian). Untuk membuka ujian, klik tombol Buka. Jika terdapat kendala saat sedang ujian, pengawas boleh menghentikan sementara ujian dengan cara klik tombol Hentikan dan memulai kembali ujian dengan klik tombol Mulai. Tombol Tutup berfungsi untuk menutup (mengakhiri) ujian, pastikan semua peserta sudah menyelesaikan ujian. Setelah klik tombol hentikan, aplikasi akan menunjukan halaman Persetujuan. Baca Persetujuan, pilih tombol Hentikan Ujian Sementara untuk melanjutkan proses. Tampilan setelah klik tombol hentikan ujian.
- Menu Daftar Peserta berisi informasi peserta seperti Nomor Peserta, Nama Peserta, IP Address yang digunakan oleh workstation peserta, Latency koneksi PC Ujian ke Server Ujian, Peserta yang sedang aktif membuka aplikasi/online, Status peserta yang belum melakukan ujian, Status peserta yang sedang mengerjakan ujian, Status peserta yang sudah melakukan ujian, tombol Berita Acara Pelaksanaan UTBK (BAPU), tombol Log Peserta, tombol Buka Akses Perangkat dan Tombol Memutuskan Koneksi Perangkat. Jika Peserta sedang melakukan Ujian, maka tampilan informasi peserta pada menu Daftar Peserta akan berubah seperti tampilan berikut. Jika Peserta telah menyelesaikan ujian, maka tampilan informasi peserta pada menu Daftar Peserta akan berubah seperti tampilan berikut.
- Tombol Berita Acara Pelaksanaan UTBK (BAPU) berfungsi untuk mengupdate Berita Acara Ujian Peserta. Pengawas dapat mengisi checkbox yang tersedia apabila peserta melakukan hal yang tercantum di dalam Berita Acara Pelaksanaan Ujian Peserta, keterangan Tidak Hadir dan Terlambat akan terisi secara sendirinya jika peserta tidak mengikuti ujian atau datang terlambat mengikuti ujian. Setelah melakukan perubahan pilih tombol Simpan. Pilih tombol kembali untuk Kembali ke menu Daftar Peserta.
- Tombol Log Peserta berfungsi untuk melihat informasi detail peserta seperti status ujian, soal dan subtes yang sudah dikerjakan. Pilih tombol Log Peserta untuk melihat informasi detail peserta seperti informasi BAPU, Progress Waktu Ujian, Sisa Waktu Ujian, dan informasi detail lainnya. Pilih tombol Kembali untuk kembali ke menu Daftar Peserta.
- Tombol Buka Akses Perangkat berfungsi untuk mereset IP Address pada Workstation peserta. Digunakan ketika peserta akan berpindah ke workstation lain. Menu Buka Akses Perangkat sebaiknya digunakan ketika status peserta sudah tidak terkoneksi/disconnected. Pilih tombol Buka untuk mereset IP Address pada Workstation peserta. Pilih tombol Kembali untuk kembali ke menu Daftar Peserta.
- Tombol Memutuskan Koneksi Perangkat berfungsi untuk merubah status peserta menjadi offline/belum ujian dengan cara memutuskan koneksi aplikasi peserta ke server. Pilih tombol Putuskan untuk memutuskan koneksi aplikasi peserta ke server dan merubah Status menjadi Offline. Pilih tombol kembali untuk kembali ke menu Daftar Peserta.
- Menu Kirim BAPU berfungsi untuk mengirimkan BAPU ke Dashboard. Jika masih ada peserta yang masih mengerjakan ujian dan status ujian belum ditutup, tombol Kirim BAPU tidak akan aktif. Pastikan peserta sudah menyelesaikan ujian, jika peserta sudah menyelesaikan tapi status ujian masih “Sedang Ujian” maka pengawas bisa melakukan disconnect pada menu Daftar Peserta. Berikut tampilan BAPU terkirim.
- Pastikan saat sesi ujian berakhir, klik menu Keluar untuk menutup aplikasi Pengawas.